Sejuta Sajian Wisata Kuliner Kota Bogor

Hi Sahabat,

Kali ini mari berkunjung ke Kota Bogor. Apa yang kamu ingat dari Kota Bogor? Saat menyebut Bogor, yang terlintas dalam benak saya, hujan, talas, asinan, roti unyil, soto mie, hm.. Kok makanan semua ya? Haha.. Maklum, memang saya hobby makan. Tak heran badan saya sedikit lebar. Haha..

Bogor memiliki banyak pilihan sajian di berbagai wilayah, mulai dari Jl. Raya Bogor, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Suryakencana, Jl.Padjajaran, Jl. Pangrango, dll. Jadi ga cukup ya satu hari untuk menjelajahi kota yang satu ini. Karena waktu saya terbatas, supaya kunjungan kali ini maksimal, saya pun mencoba browsing / Googling atau menjelajahi Kota Bogor via online.

Dari sekian banyak situs yang saya kunjungi, akhirnya saya menemukan tulisan yang cukup menarik, 7 Kuliner Bogor Suryakencana yang legendaris Artikel yang cukup to the point mengenai kuliner yang terdapat di Jl. Suryakencana, Bogor dan didukung dengan foto-foto sajian yang menarik. Thanks to jajanbeken.com atas review nya, sangat membantu penjelajahan saya.

Saya memulai penjelajahan dengan berjalan kaki sepanjang Jl. Suryakencana, selain sehat, saya dapat melihat makanan dari dekat, sehingga dapat memutuskan dengan tepat. Siap santap!!

1. Lumpia Basah Gerobak Hijau

Lumpia ada yang digoreng dan ada yang basah atau tidak digoreng. Di Indonesia ada berbagai jenis lumpia dari berbagai daerah, yang terkenal adalah Lumpia Khas Semarang. Berbeda dengan Lumpia Semarang yang biasanya berisi rebung, Lumpia Bogor berisi tumisan tauge, rebung, telur yang menyatu menjadi satu dan dilapisi kulit lumpia. Kalau ditanya rasa, saya lebih suka Lumpia Semarang.

Harga Rp. 14,000

Lokasi: depan Ngohiang Khas Bogor Asli Gang Aut.

2. Ngohiang Khas Bogor Asli Gang Aut (Non Halal)

Ngohiang ini legendaris sekali, jika berkunjung ke Bogor, pasti direkomendasikan mencoba Ngohiang ini. Ngohiang terbuat dari daging babi cincang dicampur dengan udang, lalu digoreng dengan tepung. Makannya dengan saus Ngohiang. Hm.. Saya kurang paham bahan dasar saus ini, rasanya sedikit manis. Tapi sayangnya saya bukan penggemar Ngohiang. Disarankan makan di tempat atau selagi hangat.

Harga: Rp. 24,000

Lokasi: Jl. Suryakencana No 309A, Bogor.

Google Map: Ngohiang Suryakencana

3. Soto Mie “Agih” (Non Halal)

Soto Mie memang makanan wajib di Bogor. Soto Mie Agih ini bikin nagih. Saya suka sekali soto mie ini, unik banget!! Soto Mie dengan rasa peranakan. Mie yang lembut, dimasak dengan kuah bakut atau iga babi, kuahnya gurih sekali. Daging babi yang melekat pada tulang iga terasa lembut dimulut. Dilengkapi dengan lobak putih, ham coi kon atau tumis sawi kering, irisan seledri dan the little magic potongan kecil lemak babi goreng yang crispy banget. Recommended!!

Harga: Rp. 40,000++

Lokasi: Jl. Suryakencana No 311, Bogor.

Google Map: Soto Mie “Agih”

4. Soto Mie Bogor “Pak Kumis”

Bagi sahabatku yang muslim, jangan khawatir, di Jl. Suryakencana, Bogor juga ada Soto Mie Bogor “Pak Kumis” yang halal, enak banget dan wajib kamu coba!!Mie yang lembut, dimasak dengan kuah kaldu dan tulang sapi, meninggalkan rasa gurih dimulut. Tak ketinggalan, rasa asam manis tomat yang terasa banget dan memberikan kesegaran pada setiap seruputan kuah yang masuk kemulut. Irisan daging yang lembut, disertai risol yang garing menyempurnakan Soto Mie ini. Menikmati Soto Mie ini lebih lengkap dengan jeruk nipis, sambel dan kerupuk. Lezat!!

Harga: Rp. 15,000

Lokasi: Jl. Suryakencana, Bogor.

5. Combro & Misro Gang Aut

Di Jl. Suryakencana, terdapat dua penjual combro. Combro Gang Aut dan Combro Atmaja. Kuliner identik dengan selera. Saya sarankan beli keduanya, sehingga kamu tahu mana yang kamu mau. Saya jadi teringat iklan “Kutau yang Kumau” 😁

Saya suka Combro & Misro Gang Aut, karena berbeda dengan Combro pada umumnya. Combro isinya oncom, Misro isinya gula merah. Bedanya terdapat pada lapisan luarnya. Biasanya Combro & Misro dilapisi singkong yang diparut halus, Combro & Misro Gang Aut menyajikan singkong bertekstur. Jadi crunchy atau garing diluar, lembut didalam. Enak!!

Harga: Rp. 3,000

Lokasi: Jl. Suryakencana, Bogor.

Setelah puas menjelajah Jl. Suryakencana, saya mengunjungi toko legendaris yang satu ini:

6. Tan Ek Tjoan | Bread. Cake. Ice Cream

Tan Ek Tjoan sudah ada sejak tahun 1920 dan disebut Roti tertua di Indonesia. Bermula dari menjual roti, sekarang tidak hanya roti, juga menjual kue dan es krim. Sudah jarang roti jadul seperti ini, walau jadul (jaman dahulu), namun tetap diminati dan dirindukan. Jika berkunjung ke Bogor, sempatkan mampir dan membeli roti ini sebagai oleh-oleh. Rotinya lembut dan tersedia berbagai rasa, cokelat, keju, srikaya, dll. Saya suka yang kosong manis atau tanpa isi. Saya berharap roti seperti ini akan terus ada dan kita akan terus dapat menikmatinya.

Harga Roti: Rp. 8,000 – Rp. 10,000

Ice Cream Homemade Tan Ek Tjoan

Es krim buatan sendiri atau rumahan atau bukan buatan pabrik, enak dinikmati, rasanya khas dan tak tergantikan. Recommended: rasa durian dan kopyor (kelapa). Bagi yang tidak suka durian, coba rasa kopyor, santannya terasa dan ada teksture parutan kelapanya. Disarankan makan di tempat dan segera dihabiskan, karena ice cream homemade mudah mencair.

Harga Es Krim: Rp. 25,000

Lokasi: Jl. Siliwangi No 176, Bogor.

Google Map: Tan Ek Tjoan Bogor

7. Yung Bangka Es |Mie Ayam Bakso & Es Campur

Kuliner yang satu ini saya temukan tanpa sengaja. Saat melintasi Jl. Jend. Sudirman, Bogor, tiba-tiba melihat papan reklame restaurant ini, karena penasaran, saya memutuskan untuk mampir. Tak disangka, pertemuan tak sengaja menciptakan rasa cinta. Mie homemade, mie rumahan yang terasa fresh dan lembut saat masuk ke mulut. Tersedia dengan bakso dan pangsit. Rasa itu sungguh tak terlupakan. Enak disantap dengan bawang goreng, saus tomat dan sambal. Mantap!! Selain Mie Bakso, juga tersedia Bakso Campur dan Es Campur.

Es Campur Yung Bangka cocok dinikmati setelah makan. Es campur yang cukup unik, dengan isi menarik. Ada nangka, kelapa, alpukat, cendol, kolang kaling, tape, jelly lengkap sekali, ditutup es dan gula merah. Sungguh menggugah selera.

Harga: Rp. 20,000 – Rp. 30,000++

Lokasi: Jl. Jend. Sudiman No 15A, Bogor

Google Map: Samping Yogya Bogor Junction

Mie Ayam Bakso

Bakso Campur

Es Campur

Sekian penjelajahan kali ini. Selamat mencoba!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s